Berbagi Koneksi Wi-Fi Ke Perangkat Lain Via Bluetooth Di Android - Alaskisah

Latest

advertise

19 September 2017

Berbagi Koneksi Wi-Fi Ke Perangkat Lain Via Bluetooth Di Android


Pada kesempatan ini kami akan membahas cara men-share jaringan wifi pada perangkat android,  jadi yang kita bagikan adalah jaringan wifi yang terkoneksi pada perangkat android bukan jaringan data selulernya. Karena biasanya kebanyakan orang hanya mengetahui paket data saja yang dapat hotspot/tetheringkan namun ternyata wifi yang terkoneksi pada android juga dapat di bagikan.

Caranya cukup mudah dilakukan yaitu dengan memanfaatkan fitur dari android itu sendiri tanpa harus men-download aplikasi tambahan. Pada dasarnya yang dilakukan hampir sama seperti membuat hotspot portable pada umumnya. Kita menggunakan future bluetooth yang telah tertanam pada semua perangkat android.
Kita tidak asing lagi mendengar nama “Bluetooth”, yup bagaimana tidak aplikasi ini sudah digunakan sejak lama untuk mentransfer file, namun kali ini yang kita bahas bukan transfer file melalui bluetooth, melainkan cara membagikan jaringan wifi dengan memanfaatkan future bluetooth.
Lihat Juga:



Silahkan ikuti tutorialnya langkah demi langkah berikut ini:
1.    Silahkan sambungakan perangkat android anda ke jaringan wifi.
2.    Jika perangkat sudah tersambung dengan koneksi wifi, maka selanjutnya membagikan wifi yang telah konek tadi kepada perangkat lain dengan cara klik “Setting” pada android anda.
3.    Kali ini kami menggunakan perangkat vivo y21, tampilan seperti gambar dibawah ini dan klik “Hotspot Wi-Fi”
   
4.    Setelah itu klik “Bagikan jaringan telepon melalui Bluetooth” sesuaikan settingan seperti gambar di bawah ini.
   
5.    Kemudian buka bluetooth pada andorid dan hidupkan bluetooth pada perangkat anda kemudian biarkan tampilan tetap seperti ini.
   

<-- ambil perangkat satu lagi -->

1.    Ambil perangkat/hp lain yang akan mengambil wifi yang telah kita bagikan.
2.    Pada perangkat hp yang kedua ini kita buka aplikasi bluetooth dan hidupkan bluetooth.
3.    Selanjutnya lakukan memindai perangkat dan hubungkan dengan perangkat/hp yang pertama kita tadi. Pada kasus ini nama perangkat saya yang pertama tadi “alaskisah” maka saya hubungkan hp kedua ini ke “alaskisah”.
4.    Setelah masing – masing kedua perangkat ini terhubung, selanjutnya pada hp yang ke 2 ini klik lingkaran hijau ini dan klik “akses internet”
5.    Selamat hp/andorid sudah mendapatkan akses internet yang telah kita bagikan melalui perangkat yang pertama.

No comments:

Post a Comment

Mohon jangan menyematkan tautan link pada kolom komentar. terima kasih